Wednesday, January 25, 2012

Maksimalkan Kekuatan Kata Kata Anda

Saya mulai menyadari kekuatan kata kata. Bukankah saya dan anda mempercayai sesuatu lewat kata kata yg kita baca atau yang kita dengar dan kita baca? Bukankah kita tersadar , terinspirasi , tergerakkan , terlecut untuk bertindak juga melalu sejumlah kata kata yang kita dengar dan kita baca?. Mengapa kalau kata kata orang yg kita dengarkan itu dapat merubah kesadaran , semangat dan tekad kita untuk berubah , berbuat , sementara kata kata kita sendiri tidak dapat menyadarkan dan menggerakkan kita sendiri? .Saya semakin sadar akan penyebab utamanya , yaitu hal hal berikut :
Pertama : kata kata yg kita ucapkan...
... selalu lebih sering tentang segala sesuatu diluar diri kita seperti uang , harta , investasi , bonus , wanita dan berbagai macam hal lainnya
Kedua : Kata kata yg kita keluarkan dari lisan kita sebagin besarnya tdk kita gunakan untuk menyadarkan diri kita sendiri.Jarang diarahkan untuk memotivasi kita sendiri untuk bekerja ,.Sedikit sekali yg kita gunakan untuk membakar semangat kita sendiri untuk berani menerima tanggung jawab besar dan resiko besar.Kata kata yg kita keluarkan selalu kita tujukan untuk orang lain.Kata kata itu jarang kita arahkan untuk kita sendiri .Dalam dunia psikologi dan tradisi NLP itu disebut SELFTALK.Artinya berbicara kepada diri sendiri.
Ketiga : kata kata yg kita ucapakan yg umumnya mengandung doa tidak pernah kita serap makna nya secara tenang dan mendalam , padahal ia mengandung penyadaran akan kehidupan yg harus dijalani dg syukur dan pengabdian kepada Sang Pencipta , pengakuan dan pujian atas kemutlakan kekuasaan dan kepemilikan-Nya terhadap kehidupan semesta seluruhnya, permintaan kepada Nya agar hidup dapat kita jalani secara konsisten diatas jalan lurus yg dikehendaki Nya
Kini saya memulai tradisi baru untuk lebih sering berkomunikasi dg diri saya sendiri .Saya mencoba lebih sering mengatakan kepada diri saya sendiri dengan salah satu kalimat kalimat berikut :
“Hari ini adalah hari yg kesekian kalinya yg Engkau anugrahkan lagi kepadaku.Engkau memang tidak langsung memberi harta kepadaku.Engkau juga tidak langsung memulyakanku dengan derajat dan pangkat yg diburu banyak orang .Tetapi yang Engkau berikan hari ini adalah waktu , keyakinan , pikiran yang Engkau penuhi dengan ilmu , kearifan dan kebijaksanaan .
“Engkau juga memberiku hari ini hati yg dapat aku isi denga kekuatan keyakinan .Engkau beri diriku ketenangan yang meneduhkan dan menahanku dari goncangan hidup.Engkau anugrahi aku semangat dan kegairahan untuk berkarya “
” Engkau juga pertemukan diriku dengan orang orang yg amat berharga dan berarti bagi jalan hidupku.Sebab lewat mereka , Engkau mengajariku berbagai rahasia hidup , saat akudengan tulus serta berbesar jiwa mendengar nasehatnya .Engkau juga menguatkan badanku , sehingga aku selalu sanggup bersujud kepada Mu , mendekat kan diri kepada Mu denga menunaikan kehendak kehendak Mu”
Atau kalimat berikut :
“Ya Tuhan , beri aku kekuatan untuk selalu belajar apapun yg bermanfaat bagi kebaikan hamba , orangtua dan sesama .Tumbuhkan dalam diri hamba semangat untuk selalu melakukan yg terbaik dalam rukuk dan sujud hamba kepada Mu , dalam kucuran keringat hamba melewati hari hari kehidupan dengan kerja keras demi menghasilkan karya gemilang, dalam memberikan manfaat nyata bagi kehidupan sesama , dalam keterlibatan hamba ikut membangun kesadaran sesama agar tulus mengabdi kepada Mu”
Cobalah anda juga mencobanya.Anda bisa menyusunnya dari beragam kalimat kalimat doa , ayat ayat suci yang rutin anda baca.Bismillah .Selamat mencoba !